\

Bappeda 55FM Vol. 10 Sharing Session Praktik Baik SDG's, AKIP, dan Agent of Change and Core Values Ber-Akhlak

Jum’at, 18 Oktober 2024 – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang mengadakan Bappeda 55FM Sharing Session on Friday Morning Volume 10, Bappeda 55FM kali ini diadakan untuk membahas mengenai praktik baik SDG’s di Kota Tangerang, Hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Kota Tangerang Tahun 2024 serta membahas mengenai Agen Perubahan dan Core Values ASN Ber-Akhlak. Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Bappeda dihadiri oleh seluruh pegawai Bappeda.

Sesi berlangsung dengan paparan yang diberikan oleh Kepala Bidang Litbang mengenai praktik SDG’s di kota Tangerang. Beliau menjelaskan, dalam pelaksanaan SDG’s Pemerintah Kota Tangerang melakukan beberapa hal strategis seperti, menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) SDG’s Kota Tangerang Tahun 2024-2026 untuk memperkuat implementasi SDG’s di Kota Tangerang, mengintegrasikan SDG’s ke dalam dokumen perencanaan daerah, meliputi: Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tangerang 2025-2029, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk setiap tahun, meningkatkan Sinergi dan Kolaborasi melalui Forum SDGs Tahunan dalam pencapaian target-target SDG’s, menyusun dokumen monitoring dan evaluasi tahunan untuk mengetahui kinerja dan permasalahan dalam implementasi SDG’s setiap tahun, dan terakhir adalah meningkatkan inovasi daerah untuk mendukung SDGs melalui laboratorium Inovasi Daerah. Strategi tersebut  berhasil membawa kota Tangerang meraih Peringkat Terbaik ke-2 Kategori Pemerintah Daerah Kota dalam Penghargaan Indonesia’s SDG’s Awards 2024.

Kemudian dilanjutkan dengan paparan yang dilakukan oleh Kepala Bidang Pemerintahan mengenai LHE AKIP. Diketahui bahwa terdapat empat komponen penilaian SAKIP yaitu, Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal. Dari empat komponen penilaian SAKIP, masih terdapat dua komponen yang perlu di tingkatkan yaitu Komponen Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal dan Komponen Pengukuran Kinerja.

Sesi selanjutnya masuk ke dalam pembahasan mengenai Agen Perubahan dan Core Values ASN Ber-Akhlak. Agen perubahan merupakan Individu atau kelompok anggota organisasi dari tingkat pimpinan sampai dengan pegawai untuk dapat menggerakkan perubahan pada lingkungan kerjanya dan sekaligus dapat berperan sebagai teladan (role model) bagi setiap individu organisasi yang lain dalam berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang dianut organisasi. Agen perubahan memiliki peran sebagai katalisator, penggerak perubahan, pemberi Solusi, dan juga sebagai mediator.

Di akhir acara, seluruh pegawai Bappeda Kota Tangerang diharapkan dapat menyerap semua informasi yang diperoleh dari pertemuan kali ini. Terus berkomitmen untuk mempertahankan apa yang telah dicapai, dan melakukan evaluasi komprehensif dari kegiatan yang telah terlaksana. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk peningkatan kualitas pelayanan publik dan keberhasilan program pembangunan di Kota Tangerang. Dengan semangat kolaborasi, Bappeda optimis dapat mewujudkan visi dan misi kota yang lebih baik untuk masyarakat.