\

Ekpose Kajian Perencanaan Penataan Kawasan Kumuh Wilayah Cipondoh

Selasa, 11 Juli 2023

Bappeda Kota Tangerang melalui Bidang Perencanaan Sarana & Prasarana menyelenggarakan "Ekpose Kajian Perencanaan Penataan Kawasan Kumuh Wilayah Cipondoh" yang bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Tangerang.

Ada beberapa kebijakan Pemerintah Kota Tangerang yang menjadi strategi penanganan kawasan kumuh wilayah Cipondoh ini, diantaranya yaitu:
1. Perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana lingkungan (bangunan gedung).

2. Meningkatkan fungsi dan kualitas jalan serta melakukan perbaikan jalan rusak, meningkatan perkerasan jalan dengan pavingisasi serta penambahan sarana pelengkap jalan seperti PJU.

3. Merehabilitasi unit SPAM dengan penambahan jaringan perpipaan PDAM dengan memanfaatkan air baku dari sungai/air permukaan, penyediaan jaringan non perpipaan, penambahan instalasi pengelolaan air minum, meningkatkan pelayanan air minum.

4. Menormalisasi drainase dan merehabilirasi saluran yang ada serta dengan melakukan poeningkatan kualitas unit system drainase. Selain itu perlu adanya pemisahan saluran drainase dengan saluran limbah.

5. Pembangunan WC umum, mengembangkan MCK Komunal atau MCK++ atau tangki septik komunal, mengembangkan tangki septik sesuai SNI dan IPLT, meningkatkan program pembangunan jamban dan tangki septik individual, meningkatkan kualitas pembangunan prasarana air limbah.

Dan masih banyak lagi seperti pengelolaan persampahan, proteksi kebakaran, penyuluhan kesehatan lingkungan, pembinaan masyarakat sadar lingkungan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan masyarakat, dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Ayo dukung perencanaan pembangunan Kota Tangerang, menuju Kota Tangerang yang Sejahtera, Berakhlakul Karimah, dan Berdaya Saing.

Tangerang Ayo.