\

EKSPOSE LAPORAN PENDAHULUAN KAJIAN ANALISA KEBIJAKAN SEKTOR PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN KOTA TANGERANG

Bappeda Kota Tangerang melalui Bidang Sarpras melaksanakan kegiatan Ekspose Laporan pendahuluan dari konsultan tentang kajian “Analisa Kebijakan Sektor Perumahan dan Permukiman Kota Tangerang”. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Rapat Bappeda dengan dihadiri oleh Dinas Perkimtan Kota Tangerang.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Ditjen Perumahan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa I Kementerian PUPR, hadir melalui zoom disampaikan mengenai Arah Kebijakan dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan Tahun 2025-2029. Selain itu disampaikan juga bahwa tantangan penyelenggaraan perumahan antara lain : 

1. Belum tersedianya basis data perumahan yang mampu menggambarkan real demand berdasarkan aspek geografis, prefensi, dan keterjangkauan masyarakat.

2. Kelangkaan lahan terjangkau untuk pembangunan perumahan.

3. Keterbatasan keterjangkauan masyarakat untuk membeli/membangun dan menyewa rumah

4. Belum maksimalnya layanan kemudahan perizinan pembangunan perumahan.

Kemudian secara detail dari tim konsultan menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan ini, dalam paparannya maksud kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi terkait dengan kebijakan dalam bidang perumahan dan permukiman serta merumuskan kebijakan untuk ke depannya. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengupdate data terkait dengan perumahan dan permukiman (tabular spasial), mengevaluasi kebijakan berdasarkan data yang sudah dikumpulkan dan merumuskan solusi kebijakan yang perlu diambil dalam bidang perumahan dan permukiman. Selain itu disampaikan juga mengenai metodologi dalam kajian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, rencana kerja dan persiapan survey.

Ayo dukung perencanaan pembangunan Kota Tangerang menuju kota yang Sejahtera, Berahlakul Karimah dan Berdaya Saing!