\

EKSPOSE LAPORAN PENDAHULUAN UPDATING DATA TUTUPAN LAHAN KOTA TANGERANG

Rabu, 26 Juni 2024 Bappeda Kota Tangerang melalui Bidang Sarana dan Prasarana mengadakan kegiatan ekspose bersama tim konsultan terkait dengan laporan pendahuluan tentang “Updating Data Tutupan Lahan Kota Tangerang”. Kegiatan ini dilaksanakan di RR Bappeda lantai IV Gedung Puspem yang dihadiri oleh dinas terkait seperti Dinas PUPR, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Lingkungan Hidup.

Disampaikan dalam laporan awal oleh tim konsultan bahwa kegiatan ini dilatar belakangi oleh pengembangan wilayah perkotaan merupakan proses komplek yang harus mempertimbangkan kebutuhan manusia. Kemudian berdasarkan Permendagri N0. 18 Tahun 2020 disebutkan bahwa salah satu indikator kinerja untuk evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah adalah Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (ILHK), dan tutupan lahan menjadi komponen dalam perhitungan ILHK tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengupdate data tutupan lahan di Kota Tangerang yang kemudian data tersebut dianalisis dan untuk selanjutnya merumuskan strategi dalam mempertahankan dan meningkatkan tutupan lahan di Kota Tangerang. Data tutupan lahan memiliki manfaat untuk membantu dalam perencanaan penggunaan lahan, memantau perubahan lingkungan dan dampak aktivitas manusia, dan data peta yang diperbaharui dapat mendukung perumusan strategi dan kebijakan terkait Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Dalam laporan awal ini disampaikan juga mengenai metodologi dari pengumpulan data, analisis kelengkapan jenis data tutupan lahan, sampai dengan penentuan startegi penyediaan RTH. Setelah dilaksanakan tahapan survey, pengukuran dan perhitungan hasilnya akan disampaikan pada laporan antara dan analisa akhirnya akan dipaparkan pada ekspose laporan akhir.