\

EVALUASI INDEKS TUTUPAN LAHAN 2023 DAN PERSIAPAN INPUT IKL TAHUN 2024

Pada hari Rabu, 3 Juli 2024 Bappeda Kota Tangerang melalui Bidang Perencanaan Sarana dan Prasarana mengadakan Rapat Evaluasi Indeks Kualitas Tutupan Lahan 2023 dan Persiapan Input IKL Tahun 2024. Rapat ini dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Lantai IV Gedung Puspem dengan dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup dan tim konsultan untuk kajian Updating data Tutupan Lahan 2024.

Kegiatan evaluasi ini menghadirkan narasumber melalui zoom meeting dari Kementerian Lingkungan Hidup Sdri Ibu Dian Sugiarti (Fungfsional PEDAL Ahli Muda). Dalam paparannya disampaikan beberapa hal diantaranya tentang kebijakan Indeks Kualitas Tutupan Lahan (IKTL), penghitungan IKTL dan perkembangannya, data IKTL di Kota Tangerang, dan tatacara updating data IKTL.

Dari hasil perhitungan data IKTL di Kota Tangerang pada tahun 2023 adalah 22,54. Data RTH yang dilaporkan 53,19 Ha, kemudian jumlah yang dapat diverifikasi45,88 Ha. Terdapat 7,31 Ha yang tidak dapat diverifikasi disebabkan format penginputan masih kurang tepat, RTH yang diinput masih ada lokasi yang belum ada koordinatnya dan tidak menginput tutupan relevan lainnya.

Untuk memaksimalkan nilai IKTL yang belum mencapai target maka perlu persiapan penginputan RTH untuk tahun 2024 diantaranya adalah : 

  • Evaluasi kebutuhan RTH untuk mencapai target
  • Hitung ketersediaan RTH yang sudah diverifikasi
  • Perbaiki data RTH tahun 2023 yang tidak diverifikasi
  • Identifikasi potensi data RTH yang belum dimasukkan kedalam aplikasi 
  • Jumlahkan semua data RTH yang berpotensi terverifikasi, dan
  • Simulasikan penghitungan nilai IKTL.

Ayo dukung perencanaan pembangunan Kota Tangerang menuju kota yang sejahtera, berahlakul karimah dan berdaya saing.

Kolaborasi Wujudkan Visi,

Tangerang Ayo.