\

EVALUASI RAPERDA TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN APBD TAHUN ANGGARAN

Kepala Bappeda bersama Wakil Ketua DPRD, Kepala BPKD, Asisten 2 dan 3 Kota beserta tim dari Kota Tangerang menghadiri Rapat Evaluasi Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 dan Rancangan Perwal Kota Tangerang tentang Penjabaran Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 yang diselenggarakan oleh BPKAD Provinsi Banten. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BPKAD Provinsi Banten yang didampingi oleh tim Kota Tangerang (2/7/2024)

Kepala BPKAD sebagai pimpinan rapat menyampaikan poin-poin evaluasi Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 & Raperwal Kota Tangerang tentang Penjabaran Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023, sebagai berikut :

Realisasi pendapatan Pajak Daerah Kota Tangerang cukup baik dimana dalam kurun waktu lima tahun terakhir mencapai target yang ditetapkan pada APBD kecuali Tahun 2019. Capaian persentase realisasi Pajak Daerah Tahun Anggaran 2023 lebih tinggi 1,56 poin dari tahun sebelumnya;

  • Pemkot Tangerang telah mengalokasikan dan merealisasikan anggaran Kesehatan sekurang-kurangnya 10% dari belanja daerah (PP 48/2028)
  • Pemkot Tangerang telah mengalokasikan dan merealisasikan anggaran fungsi pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari belanja daerah (PP 48/2008).
  • Realisasi belanja Infrastruktur Pelayanan Publik Tahun Anggaran 2023 naik 97,62% dibandingkan realisasi belanja Infrastruktur Pelayanan Publik Tahun Anggaran 2022.
  • Pemkot Tangerang telah mengalokasikan dan merealisasikan anggaran untuk Pendidikan dan Pelatihan bagi ASN, paling sedikit 0,16% dari total Belanja Daerah.
  • Pemkot Tangerang telah mengalokasikan dan merealisasikan anggaran sekurang-kurangnya 0,50% dari belanja daerah (Permendagri 84/2023)

••

Ayo dukung perencanaan pembangunan Kota Tangerang menuju kota yang Sejahtera, Berahlakul Karimah dan Berdaya Saing!