\

FORUM KELITBANGAN KOTA TANGERANG TAHUN 2024

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tangerang melalui Bidang Pengelolaan Data Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan telah menyelenggarakan Forum Kelitbangan Kota Tangerang Tahun 2024 di Ruang Rapat Akhlakul Karimah. (28/06/2024)

Forum Kelitbangan merupakan ajang publikasi para penulis Jurnal baik ASN maupun akademisi yang difasilitasi oleh Bappeda, diantaranya Penulis ASN dari Bappeda, dan akademisi dari Universitas Bina Nusantara dan Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Kabid Litbang Euis Nurlaila, S.Kom., MAP menuturkan bahwa Forum Kelitbangan ini mempublikasi Jurnal Volume I Tahun 2024 dengan tema : Pemanfaaran Artificial Intelegent di lingkungan Pemerintah Daerah. Menurutnya, Peserta Forum Kelitbangan adalah ASN Fungsional perwakilan OPD di Kota Tangerang.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Akademisi Profesor Ir. Untung Raharja, MT.I, MSi., SMIEEE, Assoiate Profesor Quratul Aini dari Universitas Raharja, dan Profesor Mustofa Kamil M.Pd dari Universitas Islam Syeh Yusuf terkait Materi Perkembangan Artificial Intelegent dan pemanfaatannya, serta Peran Academic Leadership dalam tantangan Perubahan yang sangat cepat.

Kepala Bappeda Hj. Yeti Roheti, AP., M.Si menyampaikan "Kegiatan ini merupakan implementasi dari urusan penelitian dan pengembangan untuk mendukung kemajuan kota dengan meningkatkan Kolaborasi penulisan Jurnal antara ASN dengan Akademisi  dengan tema isu strategis perkotaan diantaranya perkembangan teknologi Artificial Intelegent bahkan kedepan dapat dikembangkan tema Lingkungan Hidup untuk pembangunan yang berkelanjutan".

Disisi lain, perencanaan pembangunan daerah memerlukan pendekatan teknokratik, dan  holistik berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang dengan sangat cepat. Maka peran jurnal ilmiah menjadi sangat penting,  jurnal ini tidak hanya sebagai media untuk mempublikasikan hasil penelitian dan informasi pembangunan secara ilmiah, tetapi juga sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dapat memberikan  masukan terhadap persoalan dan permasalahan perkotaan.

Diharapkan Jurnal Pembangunan Kota Tangerang (JPKT) dapat menjadi wadah diskusi yang produktif dan inovatif, serta mendukung terciptanya kebijakan dan strategi pembangunan yang efektif untuk kemajuan Kota Tangerang. Perlu diketahui juga bahwa jurnal berperan penting dalam mendukung transformasi Kota Tangerang menjadi kota yang lebih modern, inklusif, dan berkelanjutan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bappeda didampingi oleh Profesor Mustofa Kamal, M.Pd  dan para Kabid  memberikan apresiasi berupa Sertifikat Penghargaan kepada para penulis jurnal Volume 1 tahun 2024 diantaranya Eka Miranda dkk dari Universitas Bina Nusantara, Lili Therestianti Muslimah, Alwan Mubarok, Aini  dari ASN BAPPEDA, serta Tody Aditya dan Abdul Basit dari Universitas Muhammadiyah.