\

FORUM SATU DATA INDONESIA KOTA TANGERANG TAHUN 2024

Kamis 27 Juni 2024, Bappeda Kota Tangerang melalui Bidang Pengelolaan Data Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan menyelenggarakan Focus Group Discussion Forum Satu Data Indonesia Kota Tangerang Tahun 2024.

Peserta pada kegiatan ini adalah Perwakilan Kepala/Sekretaris OPD Kota Tangerang dengan mengundang Narasumber Kepala BPS Kota Tangerang, Bappeda Provinsi Banten, Bappeda Kota Semarang, Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Koordinator Kelembagaan dan Pembinaan Simpul Jaringan BIG, dan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukan bagi Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Kota Tangerang yang lebih baik dan bermanfaat bagi kemajuan Pembangunan di Kota Tangerang. 

Perlu diketahui Forum Satu Data Indonesia merupakan sebuah langkah strategis untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas data hingga menjadi lebih akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.  Data yang berkualitas, akan sangat penting untuk menunjang dan mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta pengendalian pembangunan daerah di segala bidang/urusan.

Dalam konteks satu data disadari bahwa koordinasi antar ‘Stakeholder Data’ menjadi kunci utama. Perangkat-perangkat daerah yang terkait, juga Badan Pusat Statistik (BPS), Bappeda, Dinas Kominfo, serta instansi vertikal di tingkat daerah, harus ‘bersinergi dan berkolaborasi’ untuk mengumpulkan, mengelola, dan menyajikan data, agar sesuai dengan ‘Prinsip Satu Data’ yang telah ditetapkan.

Melalui Forum Satu Data Indonesia Kota Tangerang diharapkan berbagai unsur pemangku data, baik produsen data, walidata, serta pembina data, bisa bekerja-sama dan sama-sama bekerja, dalam sebuah komitmen bersama untuk membangun-kembangkan satu data indonesia di Kota Tangerang, serta bisa menyepakati hasil Forum Satu Data ini untuk bisa dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan.