\

Kabupaten Karo, Sumatera Utara lakukan Peer to Peer Learning Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif ke Kota Tangerang

Bappeda Kota Tangerang melalui Bidang Perencanaan Sosial, Kemasyarakatan, dan Ekonomi menghadiri kunjungan Kabupaten Karo Sumatera Utara ke Kota Tangerang pada tanggal 15 Oktober 2024, pukul 09.00 - 12.00 Wib dalam rangka kegiatan Peer to Peer Learning Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif.

Lebih lanjut Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang menjelaskan tentang Implementasi Pendidikan Inklusif di Kota Tangerang yang telah dilaksanakan di 53 SD Negeri dan 13 SMP Negeri melalui Program Pendukung Pendidikan Inklusif diantaranya BOSDA Inklusif, Pelatihan Pendidikan Inklusif, dan Tangerang Cerdas. Selain 3 program di Dinas Pendidikan ada unit Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) yang memberikan konseling dan pelayanan assesmet (test IQ) bagi peserta didik disabilitas. Terkait alokasi Anggaran yang disediakan Pemerintah Kota Tangerang dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif dijelaskan  secara rinci melalui mekanisme pemberian BOSDA Inklusif.

Dalam diskusi yang dihadiri oleh USAID ERAT Banten ini juga membahas kemitraan dengan pihak swasta dan CSR diantaranya Bank BJB dan beberapa Universitas seperti UNTIRTA dan UNJ untuk memenuhi kebutuhan Guru Pendamping Khusus (GPK). Selain itu ada peranan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Banten sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud yang berada di wilayah Provinsi Banten. Pemkot Tangerang melalui Bappeda, BPKD dan Dinas Pendidikan bersama BPMP berupaya mengawal pencapaian target indikator SPM pendidikan serta memastikan ketersediaan PAGU anggaran dalam rangka pencapaian target indikator SPM pendidikan. Bersama-sama juga mengidentifikasi Anak Tidak Sekolah (ATS) dan merumuskan cara dalam pengembalian ATS/DTS ke Satuan Pendidikan. Secara mendalam didapati capaian indikator prioritas diantaranya Iklim inklusivitas jenjang SD dan iklim inklusivitas jenjang SMP berdasarkan Rapor Pendidikan tahun 2024 masuk dalam kategori Baik di Provinsi Banten.