\

KAWASAN WISATA PREMIUM CISADANE

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tangerang melalui Bidang Perencanaan Pembangunan, Evaluasi dan Pelaporan mengadakan Rapat Kawasan Wisata Premium Cisadane di Ruang Rapat Ar-Raudhoh. Rapat ini turut dihadiri oleh Bagian Administrasi Pembangunan (Setda), Dinas perkimtan, Dinas indagkopukm, Dinas PUPR, dan Disbudpar. (3/7/2024)

Rapat ini membahas mengenai Cisadane yang akan dijadikan Kawasan Wisata Premium. Cisadane, sungai yang mengalir di sebagian wilayah Jakarta dan Tangerang, memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata premium.

Proyek revitalisasi dimulai dengan membersihkan sungai dari sampah dan polusi, serta memulihkan ekosistem alaminya. Upaya ini tidak hanya meningkatkan kualitas air, tetapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan yang lebih luas.

Selain itu juga, dilakukan revitalisasi penataan bantaran Sungai Cisadane sebagai sarana pendukung transportasi dan wisata, seperti parking lot, taman konservasi dan taman bermain anak, taman baca serta pusat kuliner. Akan dibangun juga taman edukasi air yang tujuannya adalah menciptakan ruang publik yang berkualitas dengan pendekatan desain yang ramah terhadap lingkungan yang ada dan manusia penggunanya; dapat memberikan nilai tambah pengetahuan bagi masyarakat akan sejarah bendungan cisadane 10 berikut fungsi dan kegunaannya serta pengetahuan akan pengolahan air bersih dari sungai cisadane; dapat menjadi contoh dan katalis yang positif bagi kawasan sekitar dalam hal penataan dan pengelolaan lingkungan; menjadi alternatif destinasi wisata bagi masyarakat tangerang pada khususnya.

Harapannya kebijakan yang tepat dan pengelolaan yang berkelanjutan, Sungai Cisadane tidak hanya menjadi destinasi wisata premium yang menarik, tetapi juga membangkitkan ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat setempat.