\

KEGIATAN KOORDINASI PENDAMPINGAN PRA EVALUASI SAKIP KOTA TANGERANG TAHUN 2024

Bappeda Kota Tangerang menyelenggarakan "Kegiatan Koordinasi Pendampingan Pra Evaluasi SAKIP Kota Tangerang Tahun 2024". Kegiatan ini akan diselenggarakan selama 3 hari, dimulai pada tanggal 11 Juni sampai dengan 13 Juni 2024, bertempat di Aryaduta Lippo Village, Karawaci, Tangerang.

Pada hari pertama, acara dimulai dengan penjelasan teknis oleh Ketua Tim Kerja Bidang Perencanaan Pemerintah, Bappeda Rani Susera, SSTP menyampaikan mengenai dokumen yang perlu disiapkan dalam kegiatan koordinasi pendampingan Pra Evaluasi SAKIP Kota Tangerang Tahun 2024.

Pj. Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si yang berkesempatan hadir untuk membuka acara dalam sambutannya menyampaiak bahwa, pencapaian nilai SAKIP kota Tangerang terus meningkat hingga tahun 2023 dengan nilai 67,61 poin, namun masih dengan predikat “B”. Hal ini menjadi tantangan bagi Pemkot Tangerang untuk terus melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan kinerja dan akuntabilitas penyelenggaraan tata kelola pemerintahan kota Tangerang. Berbagai upaya perbaikan SAKIP telah dilakukan mulai dari perbaikan sistem manajemen kinerja yang ditunjukkan dengan komitmen pimpinan daerah bersama para kepala perangkat daerah untuk menyempurnakan sasaran kinerja dan indikator kinerja pada dokumen perencanaan di level kota dan perangkat daerah sebagaimana rekomendasi laporan hasil evaluasi (LHE) AKIP tahun 2023. dan upaya selanjutnya adalah melalui kegiatan koordinasi pendampingan pra evaluasi SAKIP yang dilaksanakan pada hari ini. Sesuai dengan timeline evaluasi AKIP yang disampaikan oleh kementerian PAN RB dalam pelaksanaan kick off meeting evaluasi AKIP tahun 2024 awal bulan juni, bahwa penyampaian hasil evaluasi AKIP 2024 kepada pemerintah daerah adalah akhir september 2024. Oleh karena itu kegiatan ini menjadi sangat penting dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2024, dengan harapan 4 data dan dokumen pendukung yang menjadi kebutuhan evaluasi AKIP tahun 2024 dapat dipenuhi dengan lebih maksimal.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam evaluasi AKIP dengan Kementrian PAN RB:

  1. Kerja sama dan Koordinasi yang baik
  2. Pemahaman dan kapatuhan terhadap pedoman
  3. Perbaikan berkelanjutan (continuous improvement)
  4. Penguatan sistem dan prosedur

Diakhir sambutannya beliau menyampaikan, dengan persiapan yang matang dan komitmen bersama, semoga kita dapat melalui evaluasi SAKIP tahun 2024 dengan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Mari kita bekerja sama dan berkolaborasi demi tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik di Kota Tangerang.

Selain itu, Kepala Bappeda Kota Tangerang Hj. Yeti Rohaeti, AP., M.Si dalam paparannya menyampaikan, pelaksanaan evaluasi SAKIP sudah berjalan sesuai dengan timeline yang telah dibuat dan nilai SAKIP Kota Tangerang adalah sebesar 67,61% dengan predikat B. Dalam penilaian SAKIP tersebut terdapat empat kompenan yang dinilai, yaitu Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal. Dari ke empat komponen penilaian SAKIP, masih terdapat dua komponen yang perlu di tingkatkan yaitu Komponen Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal dan Komponen Pengukuran Kinerja. Untuk komponen pengukuran kinerja, salah satu poin yang perlu dilengkapi adalah perjanjian kinerja pejabat eselon dua. Pada kesempatan kali ini OPD diminta untuk dapat menyelesaikan perjanjian kinerja paling lambat Rabu tanggal 13 Juni 2024. Untuk format perjanjian kinerja telah dibuat oleh Bappeda bekerja sama dengan BKPSDM. Diharapkan pengisian perjanjian kerja dapat menggunakan kalimat yang lebih mudah dipahami.