\

Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt. Senin, 20 Februari 2023 Pemerintah Kota Tangerang yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kota Tangerang telah melaksanakan Presentasi dan Wawancara Tahap 2 Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 sebagai bagian dari tahapan penilaian PPD tingkat Kabupaten / Kota yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Banten.

Adapun materi presentasi yang disampaikan di hadapan Tim Penilai Teknis Provinsi Banten adalah terkait aspek pencapaian, kualitas dokumen, proses penyusunan RKPD, dan inovasi.

Dari Aspek pencapaian Indikator Makro Daerah Tahun 2022, Kota Tangerang telah berhasil meningkatkan IPM dari 78,50 menjadi 78,90 , LPE dari angka -6,92% menjadi 3,70% , menurunkan tingkat kemiskinan dari 5,93% menjadi 5,77%, menurunkan TPT dari 9,07% menjadi 7,16% dan untuk Indeks Gini Ratio dari 0,343 point ke angka 0,383 point masih menjadi PR bersama jajaran Pemerintah Kota Tangerang untuk menurunkan angka ini.

Proses perencanaan pembangunan Kota Tangerang dalam menyusun dokumen RKPD tidak lepas dari pendekatan teknokratis, partisipatif, bottom up, top down dan politis.

Inovasi daerah yang menjadi program unggulan yaitu virtual job fair yang dilakukan sejak pandemi covid 19 hingga sekarang mampu memberikan hasil dalam menurunkan angka Tingkat Pengangguran Terbuka dan menumbuhkan perekonomian Kota Tangerang. Program ini akan terus berlanjut dan akan bersinergi dengan program program lain untuk mewujudkan Kota Tangerang yang sejahtera, berakhlakul karimah dan berdaya saing.

Kelanjutan dari Penilaian Tahap 2 ini akan menjaring 1 kota terbaik dan 1 kabupaten terbaik tingkat provinsi yang akan maju mewakili provinsi pada tingkat nasional dan sebagai final dari kegiatan ini adalah penetapan 3 provinsi terbaik, 3 kota terbaik dan 3 kabupaten terbaik tingkat nasional. Penghargaan kepada pemerintah daerah terbaik disampaikan pada acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas).

Tangerang Ayo.