\

PERSIAPAN TANGERANG SEHAT DAN CERDAS

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tangerang bersama Bidang Perencanaan Sosial, Kemasyarakatan, dan Ekonomi menghadiri Rapat Persiapan Tangerang Sehat dan Cerdas yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang. (8/7/2024)

Program makan bergizi gratis di sekolah dirancang untuk meningkatkan kesehatan dan kinerja akademik siswa. Pentingnya pemberian nutrisi kepada siswa akan berdampak terhadap kesehatan anak, pemberian nutrisi yang baik bagi anak akan membuat anak cenderung lebih sehat, lebih aktif, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Program ini merupakan salah satu upayya pemenuhan gizi yang mungkin anak tidak mendapatkan makanan bergizi di rumah. Pemenuhan gizi yang baik dapat pula berdampak terhadap prestasi akademik siswa karena cenderung memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi, anak yang sehat lebih jarang sakit, sehingga lebih sedikit absen dari sekolah.

Pemenuhan Nutrisi gizi yang baik dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional pada siswa karena selama makan bersama di sekolah siswa dapat memperkuat ikatan sosial antara siswa dan memberikan mereka kesempatan untuk belajar etiket makan dan keterampilan sosial lainnya. Anak-anak yang tidak lapar lebih mungkin merasa nyaman dan bahagia di sekolah, yang mendukung perkembangan emosional mereka. Selain dampak baik bagi para siswa, program ini juga berdampak baik terhadap pengentasan kemiskinan karena dapat membantu meringankan beban keuangan keluarga miskin dengan menyediakan makanan gratis, sehingga mengurangi pengeluaran mereka untuk kebutuhan sehari-hari sekaligus sebagai sarana untuk mengajarkan siswa dan para wali murid tentang pentingnya makanan sehat dan gaya hidup seimbang.