\

Rapat Koordinasi Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Di Kota Tangerang

Bappeda Kota Tangerang Melaksanakan Rapat Koordinasi Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Di Kota Tangerang (Kamis, 03/11/2022). Kegiatan ini didasarkan pada Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Inpres ditandatangani Presiden Jokowi pada tanggal 8 Juni 2022 diterbitkan dalam rangka penghapusan kemiskinan ekstrem di seluruh wilayah RI pada tahun 2024 melalui keterpaduan dan sinergi program, serta kerja sama antarkementerian / lembaga dan pemerintah daerah. Hal ini ditanggapi cepat oleh Pemerintah Kota Tangerang dimana Pemkot melakukan Rapat Koordinasi mengenai hal tersebut.

Adapun poin yang dapat dicatat dalam Rakor ini antara lain :
1. Program ini tidak hanya dapat dilakukan dengan pemberian bantuan sosial namun juga harus konvergensi program/ kegiatan lintas OPD.


2. Perlu perbaikan data yang akurat Konvergensi program/ kegiatan pusat daerah swasta berperan apabila terdapat data exclusion error (orang yang berhak menerima manfaat tetapi tidak masuk ke database sebagai penerima manfaat.


3. Pelibatan sektor swasta diperlukan untuk memberikan program/ kegiatan yang tidak didanai oleh Pemerintah Pusat Provinsi Kabupaten /Kota.


4. Dalam menyusunan RPKD Kota Tangerang 2023-2026 dibutuhkan data dan informasi penduduk miskin dan miskin esktrem by name by address.


5. Lokasi sasaran kantong kemiskinan di Kota Tangerang ada di Kec. Cibodas, Kec. Neglasari, Kec. Karawaci dan Kec. Pinang pada tahun 2023.


6. OPD terkait hendaknya menyediakan anggaran penanggulangan kemiskinan dan dilakukan secara berkelanjutan.


7. Perlunya keterpaduan, komitmen, dan sinergi antar OPD (internal) dan eksternal (masyarakat, LSM, filantropis, PT) akan membantu penanggulangan kemiskinan.


8. Konvergensi program dan kegiatan antar OPD Provinsi/Kota dan pemangku kepentingan di daerah.


9. Design kebijakan berdasarkan karakteristik penduduk miskin di wilayah Kota Tangerang.


10. Dilakukan Monev secara Rutin.

Mari Bersama Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem ????

Tangerang ayo!